Tipe Belajar Supaya Tidak Bosan

“Kenapa sih kita bisa bosan?

Kenapa kita kalau lagi belajar tiba-tiba bisa bosan?”

 

Karena biasanya kita melakukan hal yang sama secara terus menerus dalam jangka waktu yang panjang, bisa jadi berjam-jam, berhari-hari, hingga

kita benar-benar merasa bosan. Misalnya belajar 3 jam terus menerus, besok belajar lagi 3 jam , besoknya belajar lagi. Kejadian seperti ini bisa membuat kita bosan.

Nah ada beberapa tips yang bisa membantu kita agar tidak mudah bosan:

  1. Belajar dengan metode 50 10

Apa itu metode 50  10?

Biasanya metode ini dipakai oleh siswa di Jepang. Dalam satu jam, 50 menit fokus belajar, 10 menit kemuadian istirahat. Jadi selama 50 menit ini kita harus benar-benar fokus belajar, jangan sampai ada gangguan lain. 10  menit kemudian baru Istirahat. Bisa main hp, atau nonton sebentar. Intinya benar-benar refresh dan jangan lupa untuk minum air putih. Kenapa? Karena jika dipaksakan untuk belajar selama berjam-jam itu akan terasa lebih sulit. Jadi setelah 50  menit pertama belajar, 10 menit kemudian istirahat, kemudian kembali belajar 50 menit lagi, dan kembali istirahat 10 menit kemudian. Itu bisa dilakukan 2 kali, 3 kali atau  4 kali, terserah kita.

  1. Nyaman, tapi jangan terlalu nyaman

Maksudnya bagaimana?

Belajar ditempat nyaman itu perlu. Karena jika tidak nyaman, fokus dan konsentrasi dalam belajar bisa hilang. Misalnya belajar di tempat yang kotor dan banyak nyamuk. Gigitan nyamuk tentu saja bisa menghilangkan konsentrasi belajar dan bisa langsung bosan. Tepuk sana sekali, tepuk sini berkali-kali. Jadi belajar di tempat nyaman itu penting. Tetapi, jangan sampai terlalu nyaman. Kenapa? Karena bawaan belajar ditempat yang terlalu nyaman bisa membuat kita cepat mengantuk dan bosan.

  1. Buat target belajar sebelum memulai belajar

Target disini adalah bukan lamanya durasi belajar, tetapi berapa soal atau seberapa jauh belajar teorinya. Misalnya, targetnya mau kerjain 30 soal, terserah untuk berapa menit. Dengan target seperti ini kita bisa mengurangi tingkat kebosanan dalam belajar. Misalnya kita sudah menyelesaikan 10 soal, terus kita bakalan mikir “Tinggal 20 soal lagi ini, harus terkejar”. Kemudian kembali mengerjakan soal. Sudah selesai 10 soal lagi, terus kita bakalan mikir lagi “Tinggal 10 soal lagi ni, tanggung dikit lagi. Semangat!”.

  1. Kasih reward ataupun punishment terhadap target kita

Jika kita mencapai target, kita pasti akan merasa bangga sama diri. Jadi, hal tersebut bisa menambah semangat untuk belajar kedepannya. Nah, kalau kita bisa mencapai target, kita kasih reward ‘boleh main game 1 jam atau nonton 1 jam’. Tetapi jika target tersebut tidak bisa tercapai, kita bisa kasih punishment untuk diri kita sendiri. Misalnya, ‘tidak boleh main game sampai besok atau tidak boleh nonton TV selama beberapa hari’. Jadi target ini benar-benar bisa memotivasi kita sendiri.

  1. Jangan belajar dari 1 sumber saja

Kalau cuma belajar dari buku saja, kita pasti akan bosan. Di jaman yang canggih seperti ini kita bisa belajar menggunakan media internet. Misalnya, bisa gabung ke grup belajar WA ataupun Line, yang biasanya memberikan soal-soal pelajaran. Ataupun belajar dari youtube. Ada banyak materi dan tutorial di youtube yang bisa kita pahami. Bisa dalam bentuk video animasi, maupun video tutorial yang diajarkan seseorang. Dengan cara yang seperti ini, rasa bosan pasti hilang karena cara belajar tidak monoton.

  1. Berdoa

Ini tips yang paling penting. Karena dengan berdoa sebelum belajar, kita memohon agar proses belajar bisa berjalan lancar, kita bisa benar-benar memahami apa yang kita pelajari.

 

 

Written by Kemala Kekem

Source : Dikutip dari berbagai sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *